Cara memulai bisnis online untuk pemula Kls 11 AKL

2.Cara memulai bisnis online untuk pemula
      Wirausahawan identik dengan keberanian dalam mengambil resiko.Bagaimana cara mengurangi dan mengatasi risiko dalam menjalankan bisnis online ? Untuk mengurangi dan mengatasi risiko yang mungkin terjadi terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis online

Adapun langkah-langkah dalam membangun bisnis online, sebagai berikut:
a.Pelajari pola pikir bisnis yang baik
b.Tentukan produk yang ingin Anda dyual. 
cTentukan target pasar yang akan dibidik. 
d.Buat toko online atau situs web untuk menjual.
e.Promosikan toko atau websiteonline
f.Berggabung dengan komunitas bianis dan temukan.kantor

3.Keuntungan bisnis online
Tahukah anda bahwa di tahun 2017 ada 24,7.  jutaan orang jumlah pembeli online di Indonesia yang memiliki akses internet mencapai 132,7 juta orang?  Dari angka tersebut tentunya Anda dapat melihat bahwa ada peluang bisnis online modal kecil yang terbuka lebar. 
Bisnis online merupakan salah satu kegiatan usaha yang sebagian besar dari kita pasti tahu pada saat ini.Dalam bisnis online,segala kegitaan bisnis dilakukan secara online dengan menggunakan media internet.Mulai dari pemesananan hingga pembayaran .Berbagai produk tersedia mulaindarinpakaian,makanan,perabotan dan lain lain. Bisnis online merupakan bisnis atau bisnis yang dijalankan dan dipasarkan secara online, sehingga setiap pengusaha yang melakukan sebagian atau seluruh kegiatan usahanya di internet dapat dikatakan menjalankan bisnis online. 
Saat memulai usaha biasanya terdapat beberapa kendala, seperti membutuhkan modal yang besar, hasil yang kecil, dan tidak sempat bekerja.  Dalam bisnis online, modal yang dibutuhkan tidak besar agar setiap orang memiliki peluang untuk berbisnis online.
Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menjalankan bisnis online.  
a.Menjangkau pasar yang luas
   Bisnis online dapat dijalankan selama 24 jam tanpa ada batasan waktu dan lokasi.  Semua orang di seluruh Indonesia bahkan dunia dapat mengakses produk Anda dan melakukan transaksi.  Sehingga Anda memiliki peluang lebih besar untuk menjual lebih banyak produk.

b.Potensi pendapatan tidak terbatas. 
 Melalui bisnis online, penghasilan Anda tidak ditentukan oleh berapa lama Anda bekerja dalam sehari, karena bisnis Anda berjalan 24 jam 7 hari.  Selama itu, produk Anda tetap dapat menjangkau orang-orang yang mencari produk Anda.  Itulah salah satu alasan mengapa bisnis lewat internet memiliki potensi yang besar.

c.Memangkas biaya
Jika dibandingkan dengan bisnis konvensional, bisnis online dapat memangkas banyak jenis pengeluaran seperti sewa dan lain-lain.  Sehingga modal yang dibutuhkan lebih terjangkau dengan keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan offline. 

d. Anda tidak harus memiliki lokasi. 
    Anda bebas menentukan lokasi bisnis Anda, karena transaksi dilakukan melalui internet.  Sehingga berbeda dengan model bisnis offline yang membutuhkan tempat untuk melakukan transaksi.

e.Analisia Peluang dan Resiko Usaha
    Analisis peluang bisnis diperlukan sebelum memulai bisnis.  Seorang wirausahawan harus memiliki tekad untuk mencapai kesuksesan dalam mengelola usahanya.  Dengan demikian, pengusaha akan berusaha menganalisis setiap peluang bisnis yang menguntungkan.
1.
    Analisis peluang bisnis
SWOT adalah metode analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam bisnis.  Proses ini melibatkan penetapan tujuan spesifik dari spekulasi bisnis dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan tidak mendukung pencapaian tujuan tersebut.
Penerapan analisis SWOT adalah bagaimana kekuatan mampu memanfaatkan peluang yang ada, bagaimana mengatasi peluang yang ada, kemudian bagaimana kekuatan mampu menghadapi ancaman yang ada, dan terakhir bagaimana mengatasinya.  mengatasi kelemahan yang dapat membuat ancaman menjadi nyata atau membuat ancaman baru.
  Berikut ini adalah beberapa definisi analisis SWOT menurut para ahli. 
a.    Philip Kotler
 Analisis SWOT adalah evaluasi terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang dapat mempengaruhi individu atau organisasi. 
b.    Freddy Rangkuti
Analisis SWOT merupakan upaya berbasis logika yang memaksimalkan kekuatan dan peluang, sekaligus meminimalkan kelemahan dan ancaman.  Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara sistematis berbagai faktor untuk merumuskan strategi perusahaan. 
c.     Pearce dan Robinson
Analisi SWOT merupakan bagian dari proses manajemen strategis perusahaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan.  Kelemahan dan kekuatan utama tersebut dibandingkan dengan peluang dan ancaman eksternal sebagai dasar untuk menghasilkan berbagai alternatif strategi. 
d.    Rais
Analiais SWOT adallah bagian metode analisia yang pqling dasar yang berguna untuk menggali topik dan isu dari empat sisi yang berbeda.  Hasil akhir dari analisis ini adalah arah dari analisis ininnadalah arahan atau rekomendasi untuk memmepertahankanatau meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada serta mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman.
 Analisis SWOT memiliki beberapa manfaat, sebagai berikut
a.Perusahaan menjadi lebih sadar akan kekuatannya dan memberikan rekomendasi untuk memperbaikinya.
b. Perusahaan dapat melihat peluang dan dapat mempertahankan peluang-c. Perusahaan mengetahui kelemahannya dan mencari solusi untuk mengurangi kelemahan perusahaan tersebut. 
d.Perusahaanteraebutmengetahui poyensi dan ancaman serta untuk menghindari ancaman teraebut

Analisis SWOT dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 
          a.Faktor Internal
Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam suatu perusahaan yaitu kekuatan dan kelemahan dari perusahaan itu sendiri.  Adapun beberapa hal yang menjadi bagian dari faktor internal yaitu:
1) Sumber daya keuangan yang memadai,
2) Sumber daya manusia yang kompeten. 
3) Sifat teknologi terkini.
              4) Kepercayaan publik terhadap perusahaan.
              5) Keterampilan pemasaran yang baik. 
              6) Kemampuan distribusi yang baik, dan lain-lain.
            b.Faktor Eksternal
               Faktor eksternal adalah semua faktor yang berasal dari luar                perusahaan (ancaman dan peluang) dan mempengaruhi kinerja perusahaan.  Adapun beberapa hal yang menjadi bagian dari faktor eksternal yaitu:
 1) Tren bisnis.
              2) Budaya komunitas.
              3) Sosial politik dan ideologi.
              4) Kondisi ekonomi suatu negara.
              5) Peraturan dan kebijakan pemerintah.
              6) Perkembangan teknologi, dan lain-lain.
 Berikut ini adalah analisis SWOT dalam bisnis online. 
a.Kekuatan (strength)
Berikut beberapa analisa kekuatan (strength) dalam bisnis online.
 1) Pasarnya luas, dimanapun posisi konsumen dapat dilayani.
  2) Buka 24 jam, konsumen dapat melihat produk kapan saja.
 3) Hanya sedikit karyawan, satu orang juga bisa menjadi pemilik dan pelayan.
 4 ) Biaya promosinya kecil, murah sekali karena hanya membutuhkan akses internet. 
  5) Bisa dilakukan oleh siapa saja.
  6) Skill yang diperlukan sepenuhnya bisa dipeelajari tidak masalah apapunlatar belakangnya
  7) Potensi pendapatan sangat tinggi, tidak memerlukan biaya sewa toko. 
b.  Weaknesses (kelemahan)
 Weaknossesanalysis (kelemahan) dalam bisnis online, sebagai berikut. 
1) Foto dengan barang nyata terkadang tidak sama.
 2) Tidak dapat menahan dan mencoba produk.
 3) Resistensi untuk membeli secara online, biasanya untuk orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online. 
4) Sistem pembayarannya masih sedikit rumit. 
c.Opportunity (peluang)
 Bisnis online ini memiliki peluang yang sangat bagus karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja, terutama bagi orang yang malas keluar rumah.
d.Ancaman (ancaman)
Setiap bisnis pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi di kemudian hari, termasuk bisnis online.  Ancaman berbisnis online antara lain datang dari orang-orang yang hanya iseng.  layanan pengiriman, dan tentang pembayaran. 

65 komentar:

  1. Nama. : M.Firzy Dermawan
    Kelas. : XI AKL 2

    BalasHapus
  2. Nama : Selviana Sulaiman
    Kelas: XI AKL 2

    BalasHapus
  3. Nama: Dwiaji Santoso Putro
    Kelas: XI AKL 1

    BalasHapus
  4. Nama : Velin Gusnita
    Kelas : XI AKL 1

    BalasHapus
  5. Nama : Rustah Wifah
    Kelas : XI AKL 1

    BalasHapus
  6. Nama : Rakha Ghibran Prayoga
    Kelas : XI AKL 1

    BalasHapus
  7. Nama : Yunita Sahrani
    Kelas: XI AKL 1

    BalasHapus
  8. Nama : Azzahra Putri Sutandi
    Kelas : XI AKL 1

    BalasHapus
  9. Nama: Cahaya Wulan Aisyah Cinta Karina
    Kelas: XI AKL 1

    BalasHapus
  10. Nama : Juliana Anzani
    Kelas : XI AKL 1

    BalasHapus
  11. Muhammad Chairil Saputra
    XI AKL 1

    BalasHapus
  12. Nama : Daffi Haikal Sukma
    Kelas : XI AKL 1

    BalasHapus
  13. Nama : Syanindita Zahra Fansuri
    Kelas : XI AKL 1

    BalasHapus
  14. Nama :Dafa Putra Sona
    Kelas:XI AKL 1

    BalasHapus
  15. Nama: Aprilia Suryaningtyas
    Kelas: XI AKL1

    BalasHapus
  16. Nama: Indah Lestari
    Kelas: XI AKL 1

    BalasHapus
  17. Nama : Kamila Hayya Meydisa
    Kelas : XI AKL 1

    BalasHapus
  18. Nama : Aisah Panjani
    Kelas : XI AKL 1

    BalasHapus
  19. Nama : Muhammad Bagas Aditya
    Kelas : XI AKL 1

    BalasHapus

Perlindungan Hak Cipta dan Hak Paten di Indonesia

Bisnis langka tapi menguntungkan