Logo dan tahapan pembuatannya

Logo adalah tanda gambar ( picture mark )merupakan identitas yang dipergunakan untuk menggambarkan citra dan karakter suatu lembaga usaha maupun organisasi.Logo type atau tanda kata ( work mark) merupakan nama lembaga,usaha atau produk yang tampil dalam bentuk tulisan yang khusus untuk menggambarkan ciri khas secara komersial.
Pada prinsipnya,logo merupakan symbol yang mewakili sosok wajah,atau eksistensi suatu usaha atau produk dari sebuah usaha.Selain membangun citra usaha,logo juga seringkali dipergunakan untuk membangun spririt secara internal diantara komponen yang ada dalam usaha produk kreatif barang/jasa tersebut.



Secara visualisasi,logo adalah suatu gambar.Gambar itu bisa berupa berbagai unsur bentuk dan warna.Oleh karena sifat dari apa yang diwakili oleh logo berbeda satu sama lain,maka seyogyanya logo memiliki bentuk yang berbeda pula.Penggunaan logo yang dikenal saat ini awalnya hanyalah sekedar berupa lambang,symbol atau maskot yang merupakan identitas suatu kelompok,suku,bangsa atau negara.Suku-suku bangsa di masa lalu sering menggunakan maskot binatang seperti beruang,burung,rajawali dan kuda sebagai simbolik mereka.Maskot-maskot tadi diambil dari apa saja yang dikagumi di sekekiling mereka.
logo pohon harapan dan keinginan

Lalu apakah fungsi dari logo itu bagi usaha produk barang/jasa
Desain logo memiliki fungsi yang cukup penting bagi sebuah wira usaha terutana.Dimana logo termasuk kedalam program marketing yang dapat menyampaikan pesan kepada klien atau konsumen Oleh sebab itu,logo harus didesain dengan baik dan tidak boleh asal-asalan.Tujuannya tentu agar logo dapat difungsikan dengan baik dan benar.Walaupun memiliki fungsi yang sangat penting dan berpengaruh,pembuatan logo sebaliknya cukup sederhana saja tetapi mengutamakan keunikan dan dapat diterima dengan baik di masyarakat.yang terpenting adalah logo yang sederhana tersebut dapat menyampaikan pesan dengan baik kepada konsumen
Apakah tujuan desain logo itu,dimana logo memiliki tiga tujun utama yaitu ?

a.Bentuk atau marking

Bentuk yang dapat dilakukan menggambarkan seorang desainer logo melakukan pengggambaran marking ini dengan terori analog.Bentuk logo ini biasanya diambil dari sebuah objek yang terkait dengan usaha atau produk yang nantiuinyaakan dibuatkan desain logonya.

b.Eye catching atau Menarik mata

Desain logo harus memiliki nilai tambah dan harus lebih dari sekedar menarik untuk dilihat. Logo bisnis dari produk / layanan produk secara alami harus dapat bersaing dengan banyak gambar logo yang ditampilkan di lokasi pesaing bisnis lainnya.

c.Tren

Perkembangan desain logo akan sangat dipengaruhi oleh trend dan perkembangan jaman ,seperti trend di dunia seni, teknologi atau usaha bisnis, trend dalam logo ini sering mewakili sisi dinamis dari bentuk atau lambanng yang diambil oleh wirausahawan.
Produk / layanan Anda, tetapi dalam membuat logo bisnis, Anda harus memilih desain yang tepat. Di mana logo harus sederhana namun tetap mencolok, Dengan begitu, konsumen akan mudah tertarik. Karena saat ini semakin banyak komponen, membuat logo yang bagus dan menarik sangat penting. Logo harus praktis, unik, menarik, dan efisien.Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan logo adalah target pasar.media dan juga branding.Membuat logo yang bagus dan menarik dapat dipengaruhi oleh pengetahuan dan keahlian.
Bagi Anda yang ingin membuat desain logo bisnis Anda,pastikan untuk memilih staf yang andal dan profesional untuk membuatnya.

Baca Juga : Masalah Logo Ruben Onsu dan ayam Gepreknya

a.Evolusi perkembangan Logo

Logo pertama digunakan oleh S.P Q.R atau Senatus Populusque Romanus. S.P.Q.R adalah senat atau orang-orang Roma. Ini adalah instansi nasional pertama yang menggunakan logo sebagai simbol identitasnya. Logo S.P.Q.R diterapkan untuk beberapa benda milik Roma. Seperti halnya koin atau monumen yang dibangun pada saat itu.
Setelah digunakan oleh Roma, maka kerajaraan Inggris juga menambahkan lambang kerajaan pada benda dan bangunan mereka. Posisi logo pada waktu itu bukan hanya simbol identitas, tetapi juga sebagai keberadaan kerajaan dan untuk menunjukkan kepemilikan benda-benda mereka. Apalagi posisi kerajaan pada saat itu.
Keberadaan komputer dan printer juga menjaga keaslian bentuk logo. Berbeda dari waktu itu. Karena diterapkan secara manual, pembuatan pertama dengan yang kedua dapat berbeda meskipun diterapkan pada orang yang sama, sebaliknya, menggunakan komputer bentuknya akan sama bahkan jika diterapkan oleh orang yang berbeda. Aplikasi ini juga menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

b.Merancang konsep desain logo

Konsep atau tema besar adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan dalam mendesain logo. Konsep adalah poin utama yang desalner pertama harus menentukan sebelum memulai pekerjaan dengan pensil dan kertas untuk membuat sketsa. Konsep akan menentukan bagaimana logo akan dibuat. Konsepnya juga akan menentukan hasil dari logo.Konsep logo dibuat setelah Desalner mengenali klien yang memesan logo di atasnya.Hal yang paling mendasar untuk digunakan sebagai konsep logo adalah pesan apa yang ingin disampaikan oleh klien kepada publik. Singkatnya, gambar apa yang ingin dibentuk klien di pasar melalui logo.Logo akan berhasil jika memiliki konsep visual yang kuat.Citra merek yang dibentuk oleh logo terkait erat dengan warna dan bentuk logo.

Bentuk dan warna ini akan membantu logo untuk menciptakan citra mereknya.Dan bentuk dan warna yang akan ditentukan ketika membuat konsep logo, Dalam bisnis yang bergerak di bidang barang / jasa, konsep yang dibuat meliputi warna dan bentuk yang akan dibuat harus sesuai dengan persepsi umum publik.
Membuat Logo sebagai bentuk gambar kerja prototype

1.Cepat

Gambar kerja prototipe cepat harus dibuat dengan cepat

2.Murah

Gambar kerja prototipe harus dibuat dari biaya serendah mungkin. Biaya besar harus dikonsentrasikan pada aspek eksplorasi konsep.

3.Dapat dibuang

Sebuah Gambar kerja harus dibuang. Jadi, jangan membuat lembar kerja dari bahan-bahan yang tak daapt dibuang.

4.Resolusi rendah

Gambar kerja dari prototipe harus disajikan dalam resolusi rendah karena gambar kerja adalah desain sederhana dari sebuah prololype.

5.Ambigu

Prolotype drawings sengaja dibuat ambigu sehingga bisa ditafsirkan dari semua sisi. Hal ini dimaksudkan agar peluang untuk perbaikan tetap terbuka.

6.Bersifat menyarankan, bukan menetapakan

Karena sifatnya yang ambigu, gambar kerja prototype harus bersifat menayarakan suapaya interpetasi atas interpretasi prototipe tetap terbuka.

Tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut.

1.Penelitian dan analisis Dalam membuat logo Anda dapat membuatnya sendiri, atau Anda juga dapat memesannya dengan desainer logo ahli. Untuk membuat logo, tahap pertama adalah melakukan riset dan analisis. Yang diteliti dan dianalisis adalah visi, misi, struktur bisnis, analisis pasar, kelompok sasaran, kekuatan atau kelemahan entitas. Hasil penelitian dan analisis dapat diringkas dalam brief kreatif yang dibutuhkan dalam pekerjaan di tahap berikutnya.

2.Gambar Kecil adalah cara untuk mengembangkan ide melalui visual dalam Bentuk sketsa kasar menggunakan pensil atau ballpoint yang dibuat secara manual tanpa bantuan komputer. Seringkali desainer pemula menggunakan komputer segera dan melewati tahap ini. Mereka tidak menyadari bahwa ketika memvisualisasikan sebuah konsep, kita juga harus mempertimbangkan apakah gambar cocok atau tidak dengan pesan yang ingin disampaikan, bagaimana membuat logo mampu menarik perhatian dan mudah diingat.Konsentrasi kita akan dibagi dalam banyak hal ketika membuatnya secara langsung dengan komputer, selain harus fokus pada hal-hal di atas, kami juga harus membagi fokus kami dengan mengoperasikan mouse, prosesor,memon, hard drive, sistem operasi, perangkat lunak,VGA,monitor dan hal lainnya. Sedangkan jika menggambar secara manual, fokus kami hanya dibagi dengan pensil dan kertas.

3.Komputer Langkah selanjutnya dalam membuat logo bisnis untuk produk kreatif adalah membuat desain menggunakan komputer.Gambar kecil-gambar mini yang telah Anda gambar, Anda dapat memilih mana yang lebih baik dan desain menggunakan komputer. Dengan demikian, Anda tidak akan membuang banyak waktu.Pada tahap ini Anda hanya dapat menambahkan efek lain untuk mempercantik logo Anda tetapi masih belum keluar dan jalur kreatif singkat dan juga tidak membuat logo yang sangat berbeda dari apa yang sudah ada dalam thumbnail karena itu berarti Anda merancang semuanya dari awal. .

4.Pendaftaran merek dagang setelah logo yang Anda buat dibuat, maka logo tersebut dapat didaftarkan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk melindungi pekerjaan yang telah Anda buat agar tidak menjadi disalahgunakan oleh pihak lain.

5.Sistem identitas pada tahap ini perancang menentukan atribut lain seperti logo turunan, sistem warna, sistem tipografi, sistem untuk menerapkan logo ke berbagai media dan hal-hal lain. Semua hal ini dapat Anda rangkum dalam sistem identitas.

6.Produksi Berdasarkan pedoman sistem identitas, berbagai media internal dan eksternal dapat mulai diproduksi dengan identitas yang telah didaftarkan.Semua tahapan dalam membuat logo bisnis produk / layanan di atas harus dilakukan secara berurutan. Tidak mungkin dapat dlewatkanatau didahulukan.Karena setiap tahap akan mempengaruhi implementasi dari tahap selanjutnya.

1 komentar:

  1. berkomentarlah yang sopan dan etis,jangan berkomentar yang tidak baik jaga tetap sopan santun dan etika berkomunikasi.

    BalasHapus

Perlindungan Hak Cipta dan Hak Paten di Indonesia

Bisnis langka tapi menguntungkan